Jumat, 21 Juli 2017

Talbis Iblis

[13/7 21.59] اب سلمان حيرو الرياوي: 📒Talbis Iblis
🎙ustadz Muhammad Rijal

🌷BAB I : Perintah untuk berpegang kepada As Sunnah dan Al Jama'ah

🌷Diawali dengan bab ini karena tidaklah manusia bisa selamat melainkan dengan mengikuti jalan nabi.

"orang yang beruntung adalah orang yang mengetahui jalan kebenaran dengan rinci dan mengetahui jalan kejelekan dengan rinci (yang dengannya ia bisa selamat dari kejelekkan).

🍃Telah diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad dari shahabat Abdullah bin Mas’ud z, bahwasanya Abdullah bin Mas’ud bercerita di mana Rasulullah r membuat satu garis lurus dan mengatakan: “Ini adalah jalan Allah yang lurus.” Lalu beliau membuat garis-garis yang banyak dari arah kanan dan arah kiri dan beliau mengatakan: “Ini adalah jalan-jalan dan tidak ada satupun dari jalan tersebut melainkan syaitan menyeru di atasnya.” Kemudian beliau membacakan firman Allah: “Dan ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka tempuhlah ia dan jangan kalian menempuh jalan yang banyak tersebut yang pada akhirnya akan memecah diri-diri kalian dari jalan-Nya.”

🌷Berkata Al Imam Az Zuhri رحمه الله " Risalah itu datangnya dari Allah dan kewajiban Rasul adalah untuk mendakwahkannya adapun kewajiban kita adalah tunduk dan berserah diri"

🌷Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda

ﺍﻓْﺘَﺮﻗَﺖِ ﺍﻟْﻴَﻬُﻮْﺩُ ﻋَﻠَﻰ ﺇِﺣْﺪَﻯ ﺃَﻭِﺍﺛْﻨَﺖ ﻭَﺳَﺒْﻊِ ﻓِﺮْﻗَﺔًﻭَﺗَﻔَﺮَّﻗَﺖِ ﺍﻟﻨَّﺼَﺎﺭَﻯ ﻋَﻠَﻰ ﺇِﺣْﺪَﻯ ﺃَﻭ ﺍﺛْﻨَﺖﻭَﺳَﺒْﻊِ ﻓِﺮْﻗَﺔً،ﻭَﺗَﻔْﺘَﺮِﻕُ ﺃُﻣَّﺘِﻲ
ﻋَﻠَﻰ ﺙ ﺛَﻼَ ﻭَﺳَﺒْﻊِ ﻓِﺮْﻗَﺔً

“Yahudi terpecah menjadi 71 atau 72 golongan, Nasrani terpecah menjadi 71 atau 72 golongan dan umatku akan berpecah belah menjadi 73 golongan.” ( HR. Abu Dawud no. 3980, at-Tirmidzi no. 2778, dan selain keduanya. Dinyatakan sahih oleh asy-Syaikh al-Albani rahimahullah dalam
ash-Shahihah no. 203, 204)

🌷Dalam sebuah kesempatan, Muawiyah bin Abu Sofyan berdiri dan memberikan khutbah dan dalam khutbahnya diriwayatkan bahwa dia berkata, “Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bangkit dan memberikan khutbah, dalam khutbahnya beliau berkata, 'Millah ini akan terbagi ke dalam 73 golongan, seluruhnya akan masuk neraka, (hanya) satu yang masuk surga, mereka itu Al-Jamaa’ah, Al-Jamaa’ah. Dan dari kalangan umatku akan ada golongan yang mengikuti hawa nafsunya, seperti anjing mengikuti tuannya, sampai hawa nafsunya itu tidak menyisakan anggota tubuh, daging, urat nadi (pembuluh darah) maupun tulang kecuali semua mengikuti hawa nafsunya.” HR. Sunan Abu Daud.

🌷'Ashim meriwayatkan dari Abu 'Aliyah "wajib atas kalian untuk berpegang kepada jalan yang dahulu sahabat berada di atasnya sebelum manusia terpecah belah.

والله اعلم بصواب

🗓kamis, 13 juli 2017
[21/7 16.01] اب سلمان حيرو الرياوي: بسم الله الرحمن الر حيم

🎗kajian rutin kamis
📒talbis iblis
🕌 Asy Syfa RS Margono
🎙 Al Ustadz Muhammad Rijal حفظه الله

🌷diantara  bentuk upaya yang dapat menyelamatkan seseorang dari jerat iblis adalah "MENCINTAI AHLUSUNNAH".

📌Dari Yusuf bin Asbath ia berkata , saya mendengar Sufyan Ats Tsauri berkata :
“ Jika kamu mendengar berita bahwa di belahan bumi timur ada seorang Ahli Sunnah dan di barat ada seorang Ahli Sunnah , kirimkanlah salam buat keduanya dan doakan kebaikan untuk mereka ! Sungguh alangkah sedikitnya Ahlus Sunnah wal Jamaah itu .”

📌Al-Imam Malik (salah seorang atbaut Tabi’in) rahimahullah pernah menyebut kata Sholihus Salaf (Salaf yang sholeh/baik):

ﻛَﺎﻥَ ﺻَﺎﻟِﺢُ ﺍﻟﺴَّﻠَﻒِ ﻳُﻌَﻠِّﻤُﻮْﻥَ ﺃَﻭْﻟَﺎﺩَﻫُﻢْ ﺣُﺐَّ ﺃَﺑِﻲ ﺑَﻜْﺮٍ ﻭَﻋُﻤَﺮَ ﺭَﺿِﻲ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻛَﻤَﺎ ﺗُﻌَﻠَّﻤُﻮْﻥَ ﺍﻟﺴُّﻮْﺭَﺓُ ﺃَﻭِ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔُ
Dulu para Sholihus Salaf (pendahulu yang sholih) mengajarkan anak-anak mereka untuk mencintai Abu Bakr dan Umar radhiyallahu anhuma sebagaimana mereka diajari surat (alQuran) atau Sunnah (Musnad al-Muwattha’ karya Abul Qosim Abdurrohman bin Abdillah al-Jauhariy dan al-Laalikaa-i dalam syarh Ushul I’tiqod Ahlissunnah wal Jamaah)

📌Imam Amru bin Qais al-Mulai berkata " jika engkau melihat seirang pemuda tumbuh sejak awal bersama ahlusunnah maka harapkan kebaikan padanya, dan jika engkau melihat dia bersama ahli bid'ah maka jangan engkau harapkan kebaikan darinya karena sesungguhnya seorang pemuda sesuai dengan awal pertumbuhannya" (diriwayatkan oleh ibnu Baththah di dalam al-ibanah al-kubra 1/205).

📌Sufyan ats-Tsauri juga berpesan, “Hendaklah kalian saling berpesan kepada Ahlus Sunnah dengan kebaikan, karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang asing.”

📌Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda “Sesungguhnya Islam datang dalam keadaan asing dan akan kembali pula daam keadaan asing, maka berbahagialah orang-orang dikatakan asing.” (HR. Muslim dari hadits Abu Hurairah dan Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma)

📌Yunus bin Abil A'la berkata aku mendengar guruku Imam Syafi'i mengatakan bahwa "jika engkau melihat ashabul hadits (nama lain dari ahlusunnah) maka sungguh aku seakan-akan melihat orang itu seperti sahabat nabi. "

📌 Berkata Al -Junaid sebagaimana yang di katakan As-Suyuthi dalam Al-Amr bil ittibaa’ 53:
ﺍﻟﻄﺮﻕ ﻛﻠﻬﺎ ﻣﺴﺪﻭﺩﺓ ﺇﻻ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻘﺘﻔﻴﻦ ﺁﺛﺎﺭ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﷺ، ﻭﺍﻟﻤﺘﺒﻌﻴﻦ ﺳﻨﺘﻪ ﻭﻃﺮﻳﻘﺘﻪ، ﻓﺈﻥ ﻃﺮﻕ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﻣﻔﺘﻮﺣﺔ ﻋﻠﻴﻪ
“Semua jalan tertutup kecuali bagi orang yang meniti jejak Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam dan mengikuti sunnah dan jalannya, maka terbukalah jalan-jalan kebaikan untuknya.”
Sebagaimana firman Allah :

ﻟَﻘَﺪْ ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻜُﻢْ ﻓِﻲ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺃُﺳْﻮَﺓٌ ﺣَﺴَﻨَﺔٌ ﻟِﻤَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺮْﺟُﻮ ﺍﻟﻠﻪَ ﻭَﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﺍﻵﺧِﺮَ ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﺍﻟﻠﻪَ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ
“Sungguh benar-benar ada pada rasulullah untuk kalian tauladan yang baik, bagi siapa yang mengharapkan Allah dan hari akhir.” (QS: Al-Ahzab: 21)

والله اعلم بصواب

🗓kamis,26 syawal 1438 H/ 20 juli 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar