Jumat, 21 Juli 2017

Fiqh Muyassar

🎗kajian rutin jum'at.
📒fikih muyassar (Bab Haji)
🕌 Al Faruq
🎙 Al Ustadz Qomarudin حفظه الله
Bab Haji

📌Permasalahan 1

Definisi Haji
Haji secara bahasa artinya niatan atau keinginan

Haji secara syariat adalah beribadah kepada Allah dengan melakukan manasik ditempat khusus dan waktu khusus sesuai dengan sunnah yang dibawa nabi.

📌Permasalahan 2
Hukum Haji
Haji merupakan bagian dari rukun islam dan salah satu dari kewajiban-kewajiban yang agung.

Allah subhanahu wata'ala berfirman:

ﻭَﺃَﺗِﻤُّﻮﺍ ﺍﻟْﺤَﺞَّ ﻭَﺍﻟْﻌُﻤْﺮَﺓَ ﻟِﻠَّﻪِ ۚ ﻓَﺈِﻥْ ﺃُﺣْﺼِﺮْﺗُﻢْ ﻓَﻤَﺎ ﺍﺳْﺘَﻴْﺴَﺮَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻬَﺪْﻱِ ۖ ﻭَﻟَﺎ ﺗَﺤْﻠِﻘُﻮﺍ ﺭُﺀُﻭﺳَﻜُﻢْ ﺣَﺘَّﻰٰ ﻳَﺒْﻠُﻎَ ﺍﻟْﻬَﺪْﻱُ ﻣَﺤِﻠَّﻪُ ۚ ﻓَﻤَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﻣَﺮِﻳﻀًﺎ ﺃَﻭْ ﺑِﻪِ ﺃَﺫًﻯ ﻣِﻦْ ﺭَﺃْﺳِﻪِ ﻓَﻔِﺪْﻳَﺔٌ ﻣِﻦْ ﺻِﻴَﺎﻡٍ ﺃَﻭْ ﺻَﺪَﻗَﺔٍ ﺃَﻭْ ﻧُﺴُﻚٍ ۚ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺃَﻣِﻨْﺘُﻢْ ﻓَﻤَﻦْ ﺗَﻤَﺘَّﻊَ ﺑِﺎﻟْﻌُﻤْﺮَﺓِ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﺤَﺞِّ ﻓَﻤَﺎ ﺍﺳْﺘَﻴْﺴَﺮَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻬَﺪْﻱِ ۚ ﻓَﻤَﻦْ ﻟَﻢْ ﻳَﺠِﺪْ ﻓَﺼِﻴَﺎﻡُ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔِ ﺃَﻳَّﺎﻡٍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺞِّ ﻭَﺳَﺒْﻌَﺔٍ ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺟَﻌْﺘُﻢْ ۗ ﺗِﻠْﻚَ ﻋَﺸَﺮَﺓٌ ﻛَﺎﻣِﻠَﺔٌ ۗ ﺫَٰﻟِﻚَ ﻟِﻤَﻦْ ﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﺃَﻫْﻠُﻪُ ﺣَﺎﺿِﺮِﻱ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﺍﻟْﺤَﺮَﺍﻡِ ۚ ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺍﻋْﻠَﻤُﻮﺍ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺷَﺪِﻳﺪُ ﺍﻟْﻌِﻘَﺎﺏِ
Dan sempurnakanlah ibadah haji dan 'umrah karena Allah. Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) korban yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum korban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfid-yah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkorban. Apabila kamu telah (merasa) aman, maka bagi siapa yang ingin mengerjakan 'umrah sebelum haji (di dalam bulan haji), (wajiblah ia menyembelih) korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan (binatang korban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali. Itulah sepuluh (hari) yang sempurna. Demikian itu (kewajiban membayar fidyah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidil Haram (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekah). Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya. (Al Baqarah:196).

Keutamaan Haji
ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ : ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : ﴿ﺍﻟﻌُﻤْﺮَﺓُ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻌُﻤْﺮَﺓِ ﻛَﻔَّﺎﺭَﺓٌ ﻟِﻤَﺎ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ، ﻭَﺍﻟﺤَﺞُّ ﺍﻟﻤَﺒْﺮُﻭﺭُ ﻟَﻴْﺲَ ﻟَﻪُ ﺟَﺰَﺍﺀٌ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟﺠَﻨَّﺔُ ﴾ .
Dari Abu Hurairah radhiyallahu‘anh berkata, “Sesungguhnya Rasûlullâh shallallahu’alaihiwasallam bersabda, “Umrah satu ke Umrah lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain Surga.”

“Barangsiapa yang melaksanakan ibadah haji, kemudian dia tidak mengucapkan kata-kata yang keji atau kotor serta tidak berbuat kefasikan, maka dia akan kembali bersih (dari dosa-dosa) seperti hari ketika dia dilahirkan oleh ibunya.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim].

📌permasalahan 3
Apakah wajib berhaji dalam seumur hidup menunaikan setiap tahunnya?

Jawab:
"tidak wajib haji melainkan hanya satu kali dalam seumur sehidup. Adapun selebihnya hukumnya sunnah.

Wajib haji bagi yang telah memenuhi syarat dan berdosa bagi yang menunda haji tanpa udzur.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda,
ﺗَﻌَﺠَّﻠُﻮﺍ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﺤَﺞِّ – ﻳَﻌْﻨِﻲ : ﺍﻟْﻔَﺮِﻳﻀَﺔَ – ﻓَﺈِﻥَّ ﺃَﺣَﺪَﻛُﻢْ ﻻَ ﻳَﺪْﺭِﻱ ﻣَﺎ ﻳَﻌْﺮِﺽُ ﻟَﻪُ
“Bersegeralah kalian berhaji-yaitu haji yang wajib-karena salah seorang diantara kalian tidak tahu apa yang akan menimpanya”

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ : ﻟﻴﻤﺖ ﻳﻬﻮﺩﻳﺎً ﺃﻭ ﻧﺼﺮﺍﻧﻴﺎً – ﻳﻘﻮﻟﻬﺎ ﺛﻼﺙ ﻣﺮﺍﺕ – ﺭﺟﻞ ﻣﺎﺕ ﻭﻟﻢ ﻳﺤﺞ،
ﻭﻭﺟﺪ ﻟﺬﻟﻚ ﺳﻌﺔ، ﻭﺧُﻠِّﻴﺖ ﺳﺒﻴﻠﻪ

“ Hendaknya mereka mati dalam keadaan yahudi atau nashrani –dikatakan tiga kali- seorang yang mati kemudian (sengaja) tidak berhaji, (padahal) ia mendapat keluasan (rezeki) dan kemudahan jalan.” HR. Baihaqi, dishahihkan (jalurnya) oleh Ibnu Hajar dalam Talkhis Habir

📌permasalahan 4
Syarat-syarat Haji
1. Islam, tidak sah haji oleh orang kafir

2. Berakal
Tidak sah haji bagi orang gila.

3. Baligh
“ Dari Ibnu Abbas, bahwasanya ada seorang wanita mengangkat anak kecil ke hadapan Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam lalu bertanya, ‘Apakah anak ini mendapatkan (pahala) haji?’ Beliau menjawab, ‘Ya, dan kamupun mendapatkan pahala ”.

👉🏻namun jika anak itu baligh maka ia wajib menunaikan ibadah haji lagi, hajinya ketika belum baligh tidak mencukupi.

4. Merdeka
Tidak wajib haji bagi budak, namun jika ia telah merdeka maka ia wajib berhaji lagi, hajinya ketika berstatus budak belum mencukupi.

5. Mampu
Mampu secara fisik, harta (ongkos atau kendaraan).

Bagi wanita yang hendak berhaji wajib menyertakan mahram, namun jika ia tetap berhaji tanpa menyertakan mahram maka hajinya SAH namun ia tetap mendapatkan dosa (karena tidak memenuhi syarat menyertakan mahram).

والله اعلم بصواب

بسم الله الرحمن الرحيم

🎗kajian rutin jum'at.
📒fikih muyassar (Bab Haji)
🕌 Al Faruq
🎙 Al Ustadz Qomarudin حفظه الله

📌Permasalahan 5
Hukum umroh
Umroh hukumnya wajib bagi yang mampu yakni satu kali dalam seumur hidup adapun selebihnya sunnah hukumnya.

Allah berfirman:

ﻭَﺃَﺗِﻤُّﻮﺍ ﺍﻟْﺤَﺞَّ ﻭَﺍﻟْﻌُﻤْﺮَﺓَ ﻟِﻠَّﻪِ

"Dan sempurnakanlah ibadah haji dan 'umrah karena Allah..."

Disebutkan di dalam riwayat:

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮِ ﺑْﻦُ ﺃَﺑِﻲ ﺷَﻴْﺒَﺔَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﻓُﻀَﻴْﻞٍ ﻋَﻦْ ﺣَﺒِﻴﺐِ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﻋَﻤْﺮَﺓَ ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ﺑِﻨْﺖِ ﻃَﻠْﺤَﺔَ ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ﻗَﺎﻟَﺖْ ﻗُﻠْﺖُ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ ﺟِﻬَﺎﺩٌ ﻗَﺎﻝَ ﻧَﻌَﻢْ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻦَّ ﺟِﻬَﺎﺩٌ ﻟَﺎ ﻗِﺘَﺎﻝَ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟْﺤَﺞُّ ﻭَﺍﻟْﻌُﻤْﺮَﺓُ
"Ya Rasulullah adakah jihad bagi wanita?  Rasulullah menjawab ya, Bagi kaum wanita mempunyai kewajiban berjihad tanpa berperang, yaitu (jihad) haji & umrah'. [HR. ibnumajah No.2892 ].

Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan perempuan Al Juts’amiyah untuk menghajikan ayahnya, tatkala ia berkata:
“Wahai Rasulullah, sesungguhnya kewajiban haji kepada hamba-hamba-Nya telah mendapati ayahku dan beliau adalah orang sudah tua,“ maka Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk menghajikan ayahnya. Namun hajinya seorang lelaki lebih sempurna dari seorang perempuan.”

🌷rukun-rukun umroh
1. Ihram
Yakni berniat, berpakaian ihram, dan meninggalkan larangan-larangan didalam ihram, seperti mencukur bulu-bulu, memotong kuku, mengenakan penutup kepala, wewangian, khuf, jimak, melaksanakan akad nikah dan yang lainnya.

2. Thowaf
Yakni mengelilingi ka'bah tujuh putaran yang dimulai dari hajar aswad.

3. Sa'i
Yakni melakukan putaran antara bukit shofa dan marwah sebanyak tujuh kali.

📌permasalahan 6
Miqat Haji dan Umrah.

Miqat secara bahasa adalah batasan

Secara istilah miqat didefinisikan sebagai tempat ibadah atau waktu ibadah.

Miqat di bagi menjadi dua yakni:

1⃣. miqat tempat atau waktu (zamaniyah)

Dengan rincian:
-Miqat zamaniyah umroh, yakni boleh pada semua waktu sepanjang tahun.

-miqat zamaniyah haji, yakni terbatas dengan bulan-bulan yang ditentukan sehingga tidak sah haji di luar bulan yang ditentukan.

Allah berfirman :

ﺍﻟْﺤَﺞُّ ﺃَﺷْﻬُﺮٌ ﻣَﻌْﻠُﻮﻣَﺎﺕٌ ۚ ﻓَﻤَﻦْ ﻓَﺮَﺽَ ﻓِﻴﻬِﻦَّ ﺍﻟْﺤَﺞَّ ﻓَﻠَﺎ ﺭَﻓَﺚَ ﻭَﻟَﺎ ﻓُﺴُﻮﻕَ ﻭَﻟَﺎ ﺟِﺪَﺍﻝَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺞِّ ۗ ﻭَﻣَﺎ ﺗَﻔْﻌَﻠُﻮﺍ ﻣِﻦْ ﺧَﻴْﺮٍ ﻳَﻌْﻠَﻤْﻪُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ۗ ﻭَﺗَﺰَﻭَّﺩُﻭﺍ ﻓَﺈِﻥَّ ﺧَﻴْﺮَ ﺍﻟﺰَّﺍﺩِ ﺍﻟﺘَّﻘْﻮَﻯٰ ۚ ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﻥِ ﻳَﺎ ﺃُﻭﻟِﻲ ﺍﻟْﺄَﻟْﺒَﺎﺏِ

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal. (albaqarah 157)

🌕Bulan haji adalah bulan syawal, dzulqa'dah, dan dzulhijjah.

Contohnya orang yang hendak melakukan haji dengan manasik haji tamathu' maka baginya memanfaatkan bulan-bulan haji tersebut.

🌷contoh manasik Haji Tamathu'.

Dimulai dengan ihram untuk umrah di miqat, kemudian menuju masjidil haram untuk thowaf umrah, kemudian sa'i umrah, kemudian bertahalul dengan mencukur rambut.

🕰setelah jatuh pada tanggal 8 dzulhijjah maka bersiap-siap untuk melakukan manasik haji dengan tahapan.

1. Berihram dimana ia tinggal.

2. Menuju mina dan melakukan sholat dengan qashar tanpa jamak serta mabit disana.

3. Pada tanggal 9 dzulhijjah bergegas menuju arafah, dan disana dilakukan sholat dzuhur dan ashar dengan jamak dan qashor. Kemudian dilanjutkan dengan wukuf hingga matahari terbenam.

4. Ketika matahari terbenam, maka selanjutnya bergegas menuju muzdalifah dan melaksanakan sholat maghrib dan isya' dengan jamak dan qashor serta mabit disana.

5. Pada tanggal 10 dzulhijjah, jamaah haji bergegas kembali menuju mina untuk melempar jumrah aqabah (kubra), kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan dan mencukur rambut (tahalul awal) dihalalkan yang diharamkan pada saat ihram kecuali wanita, setelah itu melakukan thawaf ifadhah (tahalul tsani) dan setelah itu sa'i haji . Lalu kemudian wajib mabit di mina.

6. Tanggal 11, 12, 13 dzulhijjah melempar tiga jumrah (sughra, wustha, dan aqabah/kubra) di waktu zawal.
Jika hendak pulang pada tanggal 12 dzulhijjah maka wajib baginya pada tanggal 12 dzulhijjah sebelum matahari terbenam sudah meninggalkan mekah.

7. Thawaf wada'.

2⃣. Miqat tempat
Yakni batasan yang tidak boleh untuk melewatinya kecuali dengan ihram.

Bagi orang yang melewati miqat walaupun ia bukan warga disitu, maka ia berihram ditempat tersebut. Contohnya warga yaman yang bekerja di Madinah, maka jika ia hendak ihram ia mencukupkan dengan memulai ihram di dzulhulaifah.

Adapun penduduk asli mekah maka ihramnya dimana ia tinggal.

Barangsiapa yang melewati miqat dan tidak berihram, maka ia wajib kembali ke miqat yang ia lewati atau jika tidak memungkinkan ia harus membayar fidyah debgan menyembelih seekor kambing yang kemudian dibagikan kepada orang miskin disekitar mekah.

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦُ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﻭَﺧَﻠَﻒُ ﺑْﻦُ ﻫِﺸَﺎﻡٍ ﻭَﺃَﺑُﻮ ﺍﻟﺮَّﺑِﻴﻊِ ﻭَﻗُﺘَﻴْﺒَﺔُ ﺟَﻤِﻴﻌًﺎ ﻋَﻦْ ﺣَﻤَّﺎﺩٍ ﻗَﺎﻝَ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﺣَﻤَّﺎﺩُ ﺑْﻦُ ﺯَﻳْﺪٍ ﻋَﻦْ ﻋَﻤْﺮِﻭ ﺑْﻦِ ﺩِﻳﻨَﺎﺭٍ ﻋَﻦْ ﻃَﺎﻭُﺱٍ ﻋَﻦْ ﺍﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﻭَﻗَّﺖَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻟِﺄَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻤَﺪِﻳﻨَﺔِ ﺫَﺍ ﺍﻟْﺤُﻠَﻴْﻔَﺔِ ﻭَﻟِﺄَﻫْﻞِ ﺍﻟﺸَّﺎﻡِ ﺍﻟْﺠُﺤْﻔَﺔَ ﻭَﻟِﺄَﻫْﻞِ ﻧَﺠْﺪٍ ﻗَﺮْﻥَ ﺍﻟْﻤَﻨَﺎﺯِﻝِ ﻭَﻟِﺄَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻴَﻤَﻦِ ﻳَﻠَﻤْﻠَﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﻓَﻬُﻦَّ ﻟَﻬُﻦَّ ﻭَﻟِﻤَﻦْ ﺃَﺗَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻦَّ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﺃَﻫْﻠِﻬِﻦَّ ﻣِﻤَّﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟْﺤَﺞَّ ﻭَﺍﻟْﻌُﻤْﺮَﺓَ ﻓَﻤَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﺩُﻭﻧَﻬُﻦَّ ﻓَﻤِﻦْ ﺃَﻫْﻠِﻪِ ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻓَﻜَﺬَﻟِﻚَ ﺣَﺘَّﻰ ﺃَﻫْﻞُ ﻣَﻜَّﺔَ ﻳُﻬِﻠُّﻮﻥَ ﻣِﻨْﻬَﺎ

Rasulullah menetapkan miqat (tempat memulai Ihram) bagi penduduk Madinah di Dzulhulaifah, bagi penduduk Syam di Juhfah, bagi penduduk Nejed di Qarnalmanazil, & bagi penduduk Yaman di Yalamlam. Tempat-tempat itu berlaku pula bagi orang-orang yg bukan penduduk negeri-negeri tersebut, tetapi ia bermaksud menunaikan haji & umrah melalui tempat-tempat itu. Dan bagi orang yg lebih dekat ke Makkah dari tempat-tempat tersebut atau bagi penduduk Makkah sendiri adl dari mana mereka berada. [HR. Muslim No.2022 ].

والله اعلم بصواب

🗓jum'at, 27 syawal 1438 H/ 21 juli 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar