Jumat, 21 Juli 2017

Ushul Sunnah

📒ushul sunnah
🎙ustadz Muhammad Rijal حفظه الله
🕌 Al Faruq

Pertemuan-1

Definisi ushul sunnah

Ushul
Ushul merupakan pokok atau pondasi yang dibangun diatasnya sesuatu yang baik.

As sunnah.
As sunnah memiliki beberapa definisi diantaranya:

- at thoriq, yaitu jalannya nabi, semua yang datang atau yang diajarkan oleh nabi, baik itu perkara yang wajib maupun sunnah.

- Al Hadits
Yakni semua yang disandarkan kepada ucapan, perbuatan, dan persetujuan nabi.

- as sunnah menurut fuqoha (ahli fiqh) yakni  didefinisikan dengan Mustahab, yang artinya sesuatu yang diperintahkan namun tidak wajib hukumnya.

-as sunnah juga didefinisikan sebagai Akidah dan Manhaj.

Kitab ini memuat pokok-pokok aqidah dan manhaj para salaf, ditulis oleh al imam Ahmad bin Hambal رحمه الله ,seorang imam yang ahlusunnah wal jama'ah yang hidup pada generasi ke-empat setelah masa sahabat, tabi'in, dan tabi'ut tabi'in. Beliau wafat pada tanggal 241 H.

Muqaddimah (oleh as syaikh Rabi'bin Hadi al Madkali حفظه الله

Beliau awali dengan khutbatul Hajah

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩُ ﻭَﻧَﻌُﻮْﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ، ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻ َﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَ ﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ
ﺃَﻣَّﺎ ﺑَﻌْﺪُ؛

Sesungguhnya aqidah islam adalah risalah yang dibawa oleh seluruh risalah para nabi yang memiliki kedudukan yang sangat besar, karena aqidah adalah pokok dari islam, serta sebagai timbangan shohih atau tidaknya aqidah seseorang.

Diantara latar belakang penukisan kitab-kitab aqidah adalah
- pentingnya aqidah
- jika seseorang terjatuh pada satu saja penyimpangan dari aqidah maka orang tersebut telah jatuh kepada kejelekan yang besar serta dapat menjatuhkan pelakunya pada kekufuran.

Maka wajib bagi para tholabul ilmi untuk memberi perhatian besar untuk mempelajari pokok-pokok aqidah.

والله اعلم بصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar